Rabu, November 21, 2007

Ensiklopedia Britannica dan Encarta

Cari Ilmu kok sedikit ? Kalau begitu hidup takkan bercahaya menerangi kegelapan esensi hidup kita.

"Mo berwawasan luas? Baca dong 'Ensiklopedia', lumayan lengkap banget ilmunya !" Kata udin kepada temannya yang sedang mencari tahu tentang segala hal.

Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sudah menjadi kebutuhan yang pokok. Terlebih lagi ketika kita dituntut untuk mendapatkan informasi dalam waktu yang cepat padahal sumber informasi yang kita miliki sangat terbatas. Dengan Ensiklopedia, hal itu bisa diminimalisir saat itu juga.


Ensiklopedia (ensiklopedi), adalah sejumlah buku yang berisi penjelasan mengenai setiap cabang ilmu pengetahuan yang tersusun menurut abjad atau menurut kategori secara singkat dan padat dan merupakan sebuah pendidikan paripurna yang mencakup semua lingkaran ilmu pengetahuan. Ciri khasnya adalah sebuah ensiklopedia mencoba menjelaskan setiap artikel sebagai sebuah fenomena daftar hal-hal. Kini dengan pemanfaatan teknologi informasi, encsiklopedia sudah ada dalam bentuk kepingan CD/DVD maupun bersifat online, kadang disebut sebagai Perpustakaan Digital (Digital Library).

Nah, ada rujukan referensi ensiklopedia yang sangat lengkap, diantaranya adalah : Encyclopædia Britannica dan Encarta.

  1. Encyclopædia Britannica, adalah ensiklopedia umum berbahasa Inggris. Dianggap oleh banyak pihak sebagai otoritas tertinggi dalam bidang ini, artikel-artikelnya biasanya dianggap akurat, terpercaya, dan ditulis dengan baik.
  2. Encarta merupakan ensiklopedi digital multimedia yang lengkap .

Software ensiklopedia yang beredar dipasaran mungkin banyak dengan kelebihannya masing-masing, akan tetapi dalam tulisan ini akan dibahas 2 (dua) buah software ensiklopedia yang termasuk best seller yaitu Britannica dan Encarta. Britannica merupakan perangkat lunak buatan perusahaan NeoLogic System yang berkedudukan di Chicago Amerika Serikat. Pengembangan Britannica ini dilakukan sejak tahun 1994 hingga kini. Sedangkan Encarta merupakan produk Microsoft yang khusus untuk kepentingan pendidikan.

Tidak ada komentar: