Senin, Desember 15, 2008

Web 2.0 Bagai Monster!


Anda tentunya sudah mengenal Facebook, Flick, Friendster, Youtube, Wikipedia, blogger, dan sejenisnya bukan? Itu semua merupakan website generasi kedua yg sering disebut Web 2.0. Lalu apa sih maksudnya?

Sebenarnya Web 2.0 bukanlah teknologi yg baru (ada beberapa Web 2.0 yg menggunakan teknologi canggih), tapi Web 2.0 lebih diartikan pada sebuah konsep, menyangkut cara development dan fungsi di Internet. Hasil dari Web 2.0 adalah web yang dicontohkan diatas. Intinya Web 2.0 lebih berfokus pada saling berbagi informasi, berkolaborasi, bekerja sama, dengan konten partisipasi pengunjung sebagai usernya.

2 komentar:

Citra Darma Wida mengatakan...

mas sebenernya web 2.0 itu seperti apa mas konkritnya? aq masih blum begitu paham, apa dy ada mesin/script yang musti di jalankan di web 2.0? bedanya dengan web 1.0 apa?

Andri Kurniawan mengatakan...

Hmmm...
Web 2.0 itu pertama kali dikelakan oleh O'Reilly Media. gitu...

Bentuk kongkretnya seperti : Weblogs yg citra punya, Social Bookmarking kayak friendster/facebook, Kamus Wiki, Podcast, RSS Feeds, layanan web seperti Gmail dan eBay dan lain2 dari komunitas <-- ke --> komunitas....

Intinya sih beda dgn web 1.0....gini : Web 1.0 itu teh cuma bisa read only, tuk pengguna dimana para webmasters dan web authors menyediakan semua kontennya. Tapi buat Web 2.0 adalah kolaborasi dari user untuk user.

Untuk teknologinya pake AJAX...Ajax itu yah kolaburasi script cem-macem Cit...Clear?