Jumat, Januari 16, 2009

Membuka file berektensi .DAA dan .CBR


"File berekstensi .DAA dan .CBR? File apaan tuh?" Tanyaku dalam hati setelah mendownload ebook dalam klasifikasi comic :) Tanpa banyak tanya, langsung kugoogling tuh kata ".DAA" dan ".CBR". Kenapa aq mencarinya? Karena file tsb tak bisa dibuka isinya begitu saja dgn aplikasi spftware lain, seperti file .xls harus dibuka melalui MS Excel atau OpenOffice. Saat itu juga aq jadi tahu...walau telat dibandingkan dgn teman2 lainnya tp gak ada salahnya baru tahu dunk, palagi gak dosa kok kalo gak tau ini...hehe :D

DAA itu kependekan dari Direct Access Archive. File ini yang dibuat oleh PowerISO Computing sbg format disk image. File ini dapat di buka dengan menggunakan aplikasi dari developernya sendiri yaitu PowerISO atau MagicISO, bisa pula dibuka oleh aplikasi lainnya seperti Daa2iso dan PismoFile.

Sedangkan .CBR bisa dinbuka dgn
CDisplay atau lebih mudahnya ubah file ekstensinya menjadi .zip lalu unzip file tsb, nah filenya bakal kebuka, solanya .cbr adalah kumpulan file .jpg yg disatukan menjadi 1 file .cbr. Oh ya CBR itu = Comic Book RAR Archive.

Clear?


7 komentar:

Unknown mengatakan...

thx bossss

belumternama mengatakan...

TX Boz, Hampir saja file komik yg gw donlot susah payah didelet,,,

ahmad badai mengatakan...

makasih om, kliyengan gimana buka ni file komik.. ee ternyata cukup ganti extensi-nya aja jd zip, thanks bgt

Mulyanti Dhani mengatakan...

makasih ya OOmm... q kira ga bakal bisa baca komik cbr T__T
ternyata bisa ya, terharu.. kl gitu lanjutkan donlot komik cbr nya ^.^

v.aditia.n mengatakan...

hatur nuhun pisannnnnnn...

Sang Senator mengatakan...

haturnuhun den, inpo nya sangat berguna ...kebetulan saya jg lgi nyari inpoh about file ber-ekstensi .cbr ....pisan maning suwun ya den :)

fakhrul.r mengatakan...

hehehe.. bener2 deh. hampir aja gw delete nih file :D
thx. semangka :)