Rabu, April 06, 2011

Era Digital sbg Momentum Bangkitnya Industri Kreatif


Perkembangan industri kreatif dalam memanfaatkan media digital di Indonesia berkembang semakin pesat. Indonesia adalah bagian terpenting dari perkembangan dunia digital untuk masa sekarang dan masa depan. Hal ini dikarenakan Indonesia tercatat sebagai salah satu negara terbesar pengguna jejaring sosial seperti Facebook (FB) dan twitter. Terbukti, banyaknya account FB dan beberapa tranding topic di twitter datang dari kicauan wong Indonesia. Inilah masa yang disebut sebagai Era Digital nya pelaku usaha/bisnis khususnya industri kreatif di Indonesia.

Disinilah para pelaku industri kreatif dituntut harus lebih jeli dan kreatif memanfaatkan peluang dan celah pasar yang ada. Saat ini hampir semua brand ada di media digital, terutama internet. Mereka berlomba membuat website, forum, portal, dan komunitas hadir di berbagai social media, blog dll. Karena salah satu tujuan pemanfaatan media digital adalah efisiensi dan efektif. Momentum era digital inilah yang dijadikan pelaku industri kreatif berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Sehingga secara sadar atau tidak, industri kreatif yang kecil, menengah dan besar memiliki jalan untuk bangkit bersama-sama.

Banyak industri kreatif yang ikut terhempas badai krisis keuangan Amerika Serikat. Perbankan, otomotif, pasar modal, serta industri-industri yang mengandalkan pasar Negeri Paman Sam dipastikan goncang. Pasar mengkerut. Ekspansi tertahan. Lantas bagaimana dengan industri Internet, terutama dotcom dan e-commerce? Harga saham Google, Yahoo! dan lainnya turun meski tidak securam industri lain. Dotcom baru kesulitan pendanaan. Namun, sebaliknya, belanja lewat Internet dan iklan online yang semuanya itu secara digital justru tetap tumbuh.

Mengapa pembelian dan pemasaran lewat Internet masih tumbuh? Krisis ekonomi membuat mereka semakin miskin dan daya beli mereka turun drastis. Mereka berusaha sehemat mungkin. Kebanyakan pelanggan mencari kebutuhannya yang murah meriah. Harga termurah hanya bisa didapat di Internet dengan segudang informasi tak terbatas, sebab di situlah banyak informasi dan membanding-bandingkan harga sehingga mendapat harga dan komitmen layanan yang terbaik. Sebaliknya, pada saat yang sama, pemilik toko memanfaatkan internet sebaik mungkin untuk memajang produk mereka demi menghemat biaya gudang.

Inilah era digital dimana media digital ini mampu menyedot perhatian banyak pelaku bisnis. Nah, kalau mereka sudah memanfaatkanya, bagaimana dengan Anda?


Tidak ada komentar: