Rabu, April 13, 2011

Yuk Berkomunitas Bisnis!



Komunitas Bizniz


Tuntutan baru setelah krisis global adalah penggantian (change) paradigma bisnis. Membangun kekuatan bisnis perlu digantikan oleh paradigma membangun komunitas bisnis (new). Perusahaan atau perseorangan selalu membangun kekuatan bisnis agar dapat secara maksimal mengeksploitasi pertumbuhan produk dan jasanya. Dengan komunitas bisnis, diharapkan perusahaan secara bersama-sama membangun jaringan bisnis antara anggota komunitas dan antarsubsistem komunitas sehingga terjaga kepentingan bisnis komunitas, dan selanjutnya tercipta nilai ekonomi komunitas.

Dengan paradigma lama, krisis global memberi pelajaran tentang dampak buruk menukiknya pertumbuhan industri terhadap pertumbuhan bisnis semua perusahaan mereka yang kuat menjadi tidak berdaya dan mereka yang lemah juga semakin terpuruk. Teori bisnis yang tersedia hanya mampu mengurangi besaran dampak negatif dari menukiknya pertumbuhan industri.

Komunitas bisnis merupakan sebuah sistem jaringan yang anggotanya adalah kelompok atau individu tergabung dalam subsistem komunitas bisnis dengan mengusung kepentingan bisnis yang sama. Motivasi terbentuknya komunitas bisnis adalah semangat untuk melindungi kepentingan bisnis bersama lebih baik daripada semangat saling mengalahkan. Kebersamaan kepentingan dalam komunitas bisnis akan menciptakan nilai ekonomi komunitas.

Contoh model komunitas bisnis (ofline & online) diantaranya adalah :

http://www.tangandiatas.com
http://startuplokal.org/
http://iibf-indonesia.com/
dan komunitas bisnis yang lainnya...

Karakteristik penting yang dimiliki semua komunitas bisnis adalah: model jaringan, nilai jaringan, dan kepercayaan dalam komunitas bisnis. Begitu...


Tidak ada komentar: